Wednesday, March 11, 2009

agama monoteisme

agama yang wujud pada hari ini boleh dikategorikan kepada dua iaitu:
1.agama samawi
2.agama tabii

agama samawi adalah agama yang diturunkan dari langit oleh tuhan kepada para utusannya untuk menjadi pendoman ataupun cara hidup supaya disampaikan kepada pengikut masing-masing.
Agama samawi yang diturunkan kepada semua nabi dan rasul adalah sama iaitu hanya menyembah tuhan yang satu.
ciri-ciri agama samawi adalah seperti berikut:
.adanya rasul
.adanya kitab suci
.adanya akidah
.adanya peraturan-peraturan(hukum-hukum)
.adanya pemujaan ataupun ibadat

antara agama-agam samawi adalah seperti agama islam,yahudi,nasrani dan zarathustra tetapi cuma agama islam sahaja yang masih kekal sifatnya manakala agama-agama yang lain telah berubah mengikut perkembangan sejarah dan bukan lagi mempunyai sifat samawi yang asalnya.
agama yahudi berasakan ajaran nabi musa yang telah di utuskan kepada kaum israel atau yahudi.agama kristian pada asalnya berpusat disekitar nabi isa sebagai penerus ataupun penggenap ajaran-ajaran nabi musa kepada kaum israel.kini akidahnya sudah berkembang dengan berasakan akidah triniti atau tritunggal yang telah diasakan oleh paulus.paulus mempunyai pendidikan yang luas dalam kepercayaan misteri kuno dan falsafah yunani,mereka mempercayai nabi isa adalah anak tunggal tuhan yang mempunyai kuasa dan wajib disembah.
agama islam pula adalah agama penerus dan penutup agama-agama tuhan yang berdasarkan tauhid suci atau absolute monotheisme.akidah ini berterusan sehingga sekarang hingga akhir zaman.begitu juga halnya dengan doktrin atau ajaran serta kitab suci kitab suci yang berpandukan wahyu.semuanya akan kekal dan terpelihara hingga ke akhir zaman.agama zarathusra yang asli mempunyai banyak persamaan yang ada dalam agama itu dengan agama-agama monoteisme yang lain.

atheisme dan kepercayaan animisme tidak boleh di anggap sebagai agama kerana ia tidak memiliki ajaran-ajaran pokok ketuhanan.
atheisme adalah kepercayaan yang mempercayai seisi alam ini terjadi dengan sendirinya dan tidak mempercayai tentang kewujudan tuhan manakala animisme pula mempercayai adanya jiwa halus ataupun kekuasaan keramat yang halus(benda bernyawa dan mempunyai roh)yang wujud dalam sesuatu jasad,benda ataupun binatang.

agama tabii pula adalah agama yang berkembang bersama perkembangan kehidupan manusia dan tidak berasal daripada wahyu tuhan.berikut adalah di antara contoh agama tabii yang masih ada di dunia sekarang.

Agama Hindu : Sanātana Dharma सनातन धर्म "Kebenaran Abadi"), dan Vaidika-Dharma ("Pengetahuan Kebenaran") adalah sebuah agama yang berasal dari anak benua India. Agama ini merupakan lanjutan dari agama Weda (Brahmanisme) yang merupakan kepercayaan bangsa Indo-Iran (Arya). Agama ini diperkirakan muncul antara tahun 3102 SM sampai 1300 SM dan merupakan agama tertua di dunia yang masih bertahan hingga kini.Agama ini merupakan agama ketiga terbesar di dunia setelah agama Kristen dan Islam.

agama buddha lahir di negara India, lebih tepatnya lagi di wilayah Nepal sekarang, sebagai reaksi terhadap agama Brahmanisme. Sejarah agama Buddha mulai dari abad ke-6 SM sampai sekarang dari lahirnya Buddha Siddharta Gautama. Dengan ini, ini adalah salah satu agama tertua yang masih dianut di dunia. Pencetusnya ialah Siddhartha Gautama yang dikenal sebagai Gautama Buddha oleh pengikut-pengikutnya. Ajaran Buddha sampai ke negara Tiongkok pada tahun 399 Masehi, dibawa oleh seorang bhiksu bernama Fa Hsien. Masyarakat Tiongkok mendapat pengaruhnya dari Tibet disesuaikan dengan tuntutan dan nilai lokal.

Setiap aliran Buddha berpegang kepada Tripitaka sebagai rujukan utama karena dalamnya tercatat sabda dan ajaran sang hyang Buddha Gautama. Pengikut-pengikutnya kemudian mencatat dan mengklasifikasikan ajarannya dalam 3 buku yaitu Sutta Piṭaka (kotbah-kotbah Sang Buddha), Vinaya Piṭaka (peraturan atau tata tertib para bhikkhu) dan Abhidhamma Piṭaka (ajaran hukum metafisika dan psikologi).

Taoisme (Tionghua: 道教 atau 道家 ) juga diejakan Daoisme, diprakarsai oleh Laozi (老子;pinyin:Lǎozǐ) sejak akhir Zaman Chunqiu. Taoisme merupakan ajaran Laozi yang berasaskan Daode Jing (道德經,pinyin:Dàodé Jīng). agama ini dibawa oleh lao tse.beliau lahir pada tahun 604SM.beliau adalah ahli falsafah china yang termasyhur.

Kong Hu Cu atau Konfusius, terkadang sering hanya disebut Kongcu (Hanzi: 孔夫子、孔子, hanyu pinyin: Kongfuzi、Kongzi) (552 SM) adalah seorang guru atau orang bijak yang terkenal dan juga filsuf sosial Tiongkok. Filsafahnya mementingkan moralitas pribadi dan pemerintahan, dan menjadi populer karena asasnya yang kuat pada sifat-sifat tradisonal Tionghoa. Oleh para pemeluk agama Kong Hu Cu, ia diakui sebagai nabi.

Shintoisme (神道 Shintō?, secara harfiah bermakna "jalan/jalur dewa") adalah sebuah agama yang berasal dari Jepang. Dari masa Restorasi Meiji hingga akhir Perang Dunia II, Shinto adalah agama resmi di Jepang.

Agama Shinto melibatkan penyembahan kami, yang bisa diterjemahkan sebagai dewa, roh alam, atau sekedar kehadiran spiritual. Sebagian kami berasal dari daerah setempat dan bisa dianggap sebagai roh yang mewakili daerah tersebut, namun kami lainnya mewakili benda-benda dan proses alami utama, misalnya Amaterasu, sang dewi matahari.


Sikhisme (bahasa Punjabi: ਸਿੱਖੀ) adalah salah satu agama terbesar di dunia. Agama ini berkembang terutamanya pada abad ke-16 dan 17 di India. Kata Sikhisme berasal dari kata Sikh, yang berarti "murid" atau "pelajar".

Kepercayaan-kepercayaan utama dalam Sikhisme adalah:

  • Percaya dalam satu Tuhan yang pantheistik. Kalimat pembuka dalam naskah-naskah Sikh hanya sepanjang dua kata, dan mencerminkan kepercayaan dasar seluruh umat yang taat pada ajaran-ajaran dalam Sikhisme: Ek Onkar (Satu Tuhan).
  • Ajaran Sepuluh Guru Sikh (serta para cendekiawan Muslim dan Hindu yang diterima) dapat ditemukan dalam Guru Granth Sahib.

Sikhisme dipengaruhi pergerakan perubahan dalam agama Hindu (misalnya Bhakti, monisme, metafisika Weda, guru ideal, dan bhajan) serta Islam Sufi. Agama ini berangkat dari adat-adat sosial dan struktur dalam agama Hindu dan Islam (contohnya sistem kasta dan purdah). Filsafat dalam Sikhisme bercirikan logika, keseluruhan (bersifat komprehensif), dan pendekatan yang sederhana terhadap masalah-masalah spiritual maupun material. Teologinya penuh kesederhanaan. Dalam etika Sikh, tidak ada konflik antara tugas pribadi terhadap diri sendiri dengan masyarakat.

Sikhisme berasal dari daerah Punjab di India, namun kini pengikutnya juga dapat ditemukan di berbagai penjuru dunia yang mempunyai komunitas India. Di Asia Tenggara, umat Sikh banyak ditemukan di Malaysia dan Singapura. Umat Sikh dapat dikenali melalui namanya yang kebanyakan diakhiri Singh untuk pria dan Kaur untuk wanita.

1 comment:

  1. Merkur - YSK's Best Buy in Malaysia - Xn--O80b910a26eepc81il5g.online
    Merkur - YSK's Best Buy in Malaysia. Our brand new Merkur safety razor combines the finest in engineering, quality assurance, 메리트 카지노 쿠폰 and convenience. Rating: 5 · ‎1 vote 제왕 카지노 · ‎$49.00 · ‎In kadangpintar stock

    ReplyDelete